Percobaan Kereta dan Pewaktu Ketik

| Senin, 06 Februari 2017 | |
  Percobaan Kereta dan Pewaktu Ketik (GLB)
                                   

Ticker Timer
Sumber gambar: aryalabware.com


1. 1.   Tujuan Praktikum

Setelah melakukan praktikum ini anda diharapkan dapat menentukan kecepatan kereta dinamika pada gerak lurus beraturan dan dapat menjelaskan karakteristik gerak lurus beraturan berdasarkan besar besaran kinematisnya.

1. 2.   Teori

Menurut hukum pertama Newton

Sebuah benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan lurus bergerak dengan laju dan arah tetap jika tidak ada gaya luar yang bekerja padanya.


Secara umum pengalaman kita menunjukkan bahwa benda yang digerakkan tidak terus bergerak, tetapi menjadi berhenti setelah beberapa saat. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan.

Gaya gesekan timbul dan bekerja pada bidang kontak (persentuhan) dari dua benda yang gerak berlawanan arah. Agar supaya sebuah benda dapat bergerak, dibutuhkan gaya yang besarnya sama atau melebihi gaya gesekan.

Gerak lurus beraturan dapat diperoleh dengan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan mengimbangi (mengkompensasi) gaya gesekan yang ada di antara benda dan permukaan gerak, misanya dengan cara memiringkan landasan tempat benda bergerak. Yang kedua adalah dengan menggunakan kereta dinamika bermotor. Metode lain lagi ialah dengan menggunakan alat “air track”. Pada praktikum ini akan ditelaah gerak kereta yang gesekannya dikompensasi (diimbangi) dengan memiringkan rel kereta, dan gerak kereta yang dilengkapi motor penggerak yang memungkinkan kereta tersebut bergerak beraturan.
a.        Rangkai alat seperti pada gambar. Untuk mengimbangi gesekan yang terjadi antara kereta dinamika dan permukaan rel presisi, pasang salah satu ujung rel pada tingkat pertama pada balok bertingkat.

Catatan : untuk mengetahui bahwa gesekan telah diimbangi oleh rel yang dimiringkan, berikan sedikit dorongan pada kereta dinamika dan kereta dinamika seharusnya bergerak beraturan sepanjang rel (pita ketik seharusnya terpasang pada kerata dinamika)

b.        Tahan kereta dinamika didekat pewaktu ketik

c.         Pada saat catu daya masih dalam keadaan mati (OFF), hubungkan pewaktu ketik ke catu daya, dan catu daya ke soket jala-jala listrik.

d.        Potong pita ketik lebih kurang sepanjang 1 m dan pasang pada pewaktu ketik. Jepit salah satu ujung pita ke penjepit yang ada pada kereta dinamika. Yakinkan bahwa pita ketik lewat dibawah kertas karbon pada kereta dinamika.
1. 3.   Peralatan Praktikum

Tabel 1. 1. Peralatan praktikum

No.
Nama alat
Jumlah



1
Mistar kayu
1



2
Rel presisi
2



3
Penyambung rel
1



4
Kaki rel
1



5
Tumpakan berpenjepit
2



6
Balok bertingkat
1



7
Kerata dinamika
1



8
Kereta dinamika bermotor
1



9
Beban bercelah dan penggantung beban
1



10
Pita ketik
1



11
Pewaktu ketik
1



12
Catu daya
1



13
Kertas manila
1



14
Lem kertas
1



15
Pasak penumpu
1



16
Kertas grafik (mm)
1



17
Kabel penghubung 25 cm Hitam
1



18
Kabel penghubung 25 cm Merah
1





1. 4.   Prosedur Praktikum

Bagian 1 : Gerak kerata dinamika dengan kompensasi gaya gesekan

a.    Hidupkan catu daya dan dorong kereta dinamika sedemikian rupa sehingga bergerak disepanjang rel presisi.

b.    Ketika kereta dinamika mendekati atau hampir mendekati ujung rel presisi, tahan kereta dinamika menggunakan tangan (atau gunakan tumpakan berpenjepit). Perhatikan, kereta dinamika jangan sampai jatuh keluar rel presisi.

c.     Ambil pita ketik dari kereta dinamika, periksa titik ketikan yang diperoleh pada pita ketik dan coba ambil kesimpulan mengenai gerak yang dilakukan oleh kereta dinamika....................................................................................................
d.    Periksa titik ketikan pada permulaan gerak kereta dinamika. Jika terdapat titik

– titik yang bertindihan, abaikan titik-titik tersebut dan potong bagian tersebut.
e.     Gunakan 5 ketik sebagai satuan waktu. Potong pita ketik secara berurutan dimulai dari awal gerak kereta dinamika.

f.      Tempel potongan pita ketik secara berurutan dari permulaan gerak sampai akhir gerak kereta dinamika pada kertas manila untuk membuat kurva laju-waktu.


Bagian 2 : Gerak lurus beraturan pada kereta dinamika bermotor

a.    Singkirkan balok bertingkat dari kaki rel presisi sehingga rel membentuk landasan yang mendatar (horizontal). Ganti kereta dinamika dengan kereta dinamika bermotor.

b.    Pindahkan kontak saklar yang ada pada kereta dinamika bermotor ke posisi v1. Ulangi langkah praktikum a sampai f.

c.     Pindahkan kontak saklar kereta dinamika bermotor ke posisi v2 dan ulangi langkah praktikum a sampai f.

d.    Jawab pertanyaan pada bagian hasil pengamatan


Catatan : bila anda tempelkan potongan-potongan pita sedemikian sehingga sisi kiri potongan pita ketik berhimpitan dengan sisi kanan potongan pita ketik berikutnya, lebar potongan pita ketik merupakan satuan waktu, yaitu 5 –ketik

1. 5.   Hasil Pengamatan

a.    Berdasarkan kurva laju waktu, tentukan jenis gerak yang dilakukan oleh kereta dinamika dan kereta dinamika bermotor :

Jenis gerak kereta dinamika biasa :.....................................................................

Jenis gerak kereta dinamika bermotor : .............................................................


Bagian 1 : Gerak kereta dinamika dengan gaya gesekan

b.    Ukur panjang salah satu potongan pita menggunakan penggaris pada kurva laju waktu. Selanjutnya hitung kecepatan kereta dinamika menggunakan persamaan :

Waktu t (5-ketik) = 5 x 0,002 s = 0,1 s

Jarak tempuh s (dalam 5 ketik ) = ...... m

Bagian 2 : Gerak lurus beraturan pada kereta dinamika bermotor

c.    Ukur panjang potongan pita menggunakan penggaris. Selanjutnya hitung kecepatan kereta dinamika bermotor menggunakan persamaan :

Waktu t (5-ketik) = 5 x 0,002 s = 0,1 s

Jarak tempuh s (dalam 5 ketik ) = ...... m

1. 6.   Kesimpulan

Tuliskan prinsip penting yang didapatkan dari praktikum ini !

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

                 
                 DAFTAR PUSTAKA


Scientific, P. (2010). KIT MEKANIKA PMS 500. Bandung: Pundak Scientific.

Scientific, P. (1998). MEKANIKA. Bandung: Pudak Scientific.


(Sumber : file:///C:/Users/ACERPC/Downloads/New%20folder/Smt-2%20MODUL%20FISIKA.pdf) 

edit

Tidak ada komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama
Diberdayakan oleh Blogger.
Assalamu'alaikum.. Thanks for coming guys. Semoga bermanfaat selalu ^^)/

About me ? It's me !

My Visitors

Blog Archive

Translate here ^^,

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Popular Posts

featured Slider

BTemplates.com

Like us

Back Again (y)

Thanks

find me?!

Tw: @nadyaism_
© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content MiniNote