Kemampuan Keterampilan Proses SAINS Mahasiswa Fisika pada Praktikum Fisika Dasar I

| Selasa, 14 November 2017 | |
    Assalamu'alaikum, temen-temen.. Apa kabar? semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu semangat yaa. Nah kali ini nadya akan share salah satu materi SBM kita nih. Iyaa, SBM. Strategi Belajar Mengajar :). Penasaran? Yukk cek pemaparan dibawah ini dan jangan lupa cek sumber yang tertera diakhir pembahasan yaa, bakal ada link buat lihat full version jurnal atau sumbernya :)) dan informasi aja bahan tulisan ini nadya dapat dari sebuah jurnal, yang untuk lebih lengkapnya (sumber) bisa kalian cek pada akhir pembahasan dibawah ini (don't forget to put the pointer on the journal and scroll  w/ your mouse:)

KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR I


Faktor yang menyebabkan pembelajaran menjadi menarik dan mempengaruhi prestasi belajar siswa yang tinggi. Salah satunya keterlibatan siswa secara aktif dalam Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu yang diamati dengan indra. Penelitian tentang pembelajaran fisika menunjukkan banyak  proses pembelajaran, siswa terlibat mengamati, mengoperasikan alat dan berlatih menggunakan objek kongkrit. 
Para ahli pendidikan sains juga memandang sains tidak hanya terdiri dari fakta, konsep, dan teori yang dapat dihafalkan, tetapi juga terdiri atas kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dan sikap ilmiah dalam mempelajari gejala alam yang belum diterangkan. Secara garis besar sains dapat didefenisikan atas tiga komponen, yaitu (1) sikap ilmiah, (2) proses ilmiah, dan (3) produk ilmiah. Jadi proses atau keterampilan proses atau metode ilmiah merupakan bagian studi sains, termasuk materi bidang studi yang harus dipelajari siswa.
Fisika merupakan proses dan produk. Proses yang dimaksud di sini adalah proses melalui kerja ilmiah, yaitu: kritis terhadap masalah, sehingga peserta didik mampu merasakan adanya masalah, mengembangkan hipotesis atau pertanyaan-pertanyaan, merancang percobaan atau melakukan pengamatan untuk menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan. Produk-produk dalam IPA adalah konsep-konsep, azas, prinsip, teori dan hukum. Proses melalui kerja ilmiah ini dapat dikembangkan oleh guru, antara lain melalui pendekatan keterampilan proses sains. Pendekatan   keterampilan      proses sains melibatkan keterampilan-keterampilan kognitif atau intelektual, manual, dan sosial yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang sebenarnya telah ada dalam diri siswa.
Matakuliah Fisika Dasar I(TFS 401.1) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa jurusan Tarbiyah Program Studi Tadris Fisika STAIN Palangka Raya, berbobot 3 sks dengan praktikum. Kompetensi dasar yang ingin dicapai pada kegiatan praktikum adalah terbentuknya kemampuan melakukan percobaan sederhana tentang fisika. Kemampuan melakukan percobaan sederhana seharusnya mencakup terbentuknya kebiasaan ilmiah pada siswa. Pelaksanaan praktikum Fisika Dasar di STAIN Palangka Raya saat ini baru pada tataran pembuktian konsep-konsep dasar Fisika dan keterampilan-keterampilan praktikum menggunakan alat-alat laboratorium. 
         Seharusnya praktikum menjadi proses menumbuhkan dan membentuk kemampuan untuk kerja ilmiah mulai dari menentukan masalah, mengembangkan hipotesis atau pertanyaan-pertanyaan, merancang percobaan, melakukan pengamatan untuk menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan. Untuk merancang proses praktikum yang akan membentuk keterampilan proses diperlukan identifikasi awal tentang indikator-indikator keterampilan proses sains yang sudah dikuasai mahasiswa ataupun keterampilan proses sains yang muncul selama kegiatan praktikum . Diharapkan penataan kegiatan praktikum selanjutnya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yaitu dengan menekankan pembentukan keterampilan proses sains yang belum dikuasai mahasiswa. Penilaian terhadap laporan hasil praktikum kerja ilmiah mahasiswa sudah dilakukan, tetapi belum teridentifikasi kemampuan keterampilan proses yang sudah dimiliki mahasiswa. Penuntun praktikum sebagai salah satu sumber belajar pada kegiatan praktikum seharusnya menjadi panduan bagi siswa dalam menumbuhkan keteramplan proses saiins. Peneliti merasa perlu dilakukan penelitian tentang identifikasi kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa Fisika STAIN Palangka Raya pada praktikum Fisika Dasar I.

     Penasaran? Gimana hasil studi atau penelitian tentang jurnal ini? Yukk cek previewnya DISINI :))




edit

Tidak ada komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama
Diberdayakan oleh Blogger.
Assalamu'alaikum.. Thanks for coming guys. Semoga bermanfaat selalu ^^)/

About me ? It's me !

My Visitors

Blog Archive

Translate here ^^,

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Popular Posts

featured Slider

BTemplates.com

Like us

Back Again (y)

Thanks

find me?!

Tw: @nadyaism_
© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content MiniNote