Kemampuan Keterampilan Proses SAINS Mahasiswa Fisika pada Praktikum Fisika Dasar I
|
Selasa, 14 November 2017
|
Tugas Mandiri SBM
|
Assalamu'alaikum, temen-temen.. Apa kabar? semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu semangat yaa. Nah kali ini nadya akan share salah satu materi SBM kita nih. Iyaa, SBM. Strategi Belajar Mengajar :). Penasaran? Yukk cek pemaparan dibawah ini dan jangan lupa cek sumber yang tertera diakhir pembahasan yaa, bakal ada link buat lihat full version jurnal atau sumbernya :)) dan informasi aja bahan tulisan ini nadya dapat dari sebuah jurnal, yang untuk lebih lengkapnya (sumber) bisa kalian cek pada akhir pembahasan dibawah ini (don't forget to put the pointer on the journal and scroll w/ your mouse:)
KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR I
Faktor yang menyebabkan
pembelajaran menjadi menarik dan mempengaruhi prestasi belajar siswa yang
tinggi. Salah satunya keterlibatan siswa secara aktif dalam Fisika merupakan
salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu yang diamati
dengan indra. Penelitian tentang pembelajaran fisika menunjukkan banyak
proses pembelajaran, siswa terlibat mengamati, mengoperasikan alat dan
berlatih menggunakan objek kongkrit.
Para ahli pendidikan
sains juga memandang sains tidak hanya terdiri dari fakta, konsep, dan teori
yang dapat dihafalkan, tetapi juga terdiri atas kegiatan atau proses aktif
menggunakan pikiran dan sikap ilmiah dalam mempelajari gejala alam yang belum
diterangkan. Secara garis besar sains dapat didefenisikan atas tiga komponen,
yaitu (1) sikap ilmiah, (2) proses ilmiah, dan (3) produk ilmiah. Jadi proses
atau keterampilan proses atau metode ilmiah merupakan bagian studi sains,
termasuk materi bidang studi yang harus dipelajari siswa.
Fisika merupakan
proses dan produk. Proses yang dimaksud di sini adalah proses melalui kerja
ilmiah, yaitu: kritis terhadap masalah, sehingga peserta didik mampu merasakan
adanya masalah, mengembangkan hipotesis atau pertanyaan-pertanyaan, merancang
percobaan atau melakukan pengamatan untuk menjawab pertanyaan dan menarik
kesimpulan. Produk-produk dalam IPA adalah konsep-konsep, azas, prinsip, teori
dan hukum. Proses melalui kerja ilmiah ini dapat dikembangkan oleh guru, antara
lain melalui pendekatan keterampilan proses sains. Pendekatan
keterampilan proses sains melibatkan
keterampilan-keterampilan kognitif atau intelektual, manual, dan sosial yang
bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang sebenarnya telah ada dalam diri
siswa.
Matakuliah Fisika
Dasar I(TFS 401.1) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa jurusan Tarbiyah
Program Studi Tadris Fisika STAIN Palangka Raya, berbobot 3 sks dengan
praktikum. Kompetensi dasar yang ingin dicapai pada kegiatan praktikum adalah
terbentuknya kemampuan melakukan percobaan sederhana tentang fisika.
Kemampuan melakukan percobaan sederhana seharusnya mencakup
terbentuknya kebiasaan ilmiah pada siswa. Pelaksanaan praktikum Fisika Dasar di
STAIN Palangka Raya saat ini baru pada tataran pembuktian konsep-konsep dasar Fisika dan keterampilan-keterampilan
praktikum menggunakan alat-alat laboratorium.
Seharusnya praktikum menjadi proses menumbuhkan dan membentuk
kemampuan untuk kerja ilmiah mulai dari menentukan masalah, mengembangkan
hipotesis atau pertanyaan-pertanyaan, merancang percobaan, melakukan
pengamatan untuk menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan. Untuk merancang
proses praktikum yang akan membentuk keterampilan proses diperlukan identifikasi awal
tentang indikator-indikator keterampilan proses sains yang sudah dikuasai
mahasiswa ataupun keterampilan proses sains yang muncul selama kegiatan praktikum
. Diharapkan penataan kegiatan praktikum selanjutnya sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa yaitu dengan menekankan pembentukan keterampilan proses sains yang
belum dikuasai mahasiswa. Penilaian terhadap laporan hasil praktikum kerja
ilmiah mahasiswa sudah dilakukan, tetapi belum teridentifikasi kemampuan
keterampilan proses yang sudah dimiliki mahasiswa. Penuntun praktikum sebagai
salah satu sumber belajar pada kegiatan praktikum seharusnya menjadi panduan
bagi siswa dalam menumbuhkan keteramplan proses saiins. Peneliti merasa perlu
dilakukan penelitian tentang identifikasi kemampuan keterampilan proses sains
mahasiswa Fisika STAIN Palangka Raya pada praktikum Fisika Dasar I.
Penasaran?
Gimana hasil studi atau penelitian tentang jurnal ini? Yukk cek previewnya DISINI :))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar