Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
|
Kamis, 30 November 2017
|
Tugas Mandiri SBM
|
Assalamu'alaikum, temen-temen.. Apa kabar? semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu semangat yaa. Nah kali ini nadya akan share salah satu materi SBM kita nih. Iyaa, SBM. Strategi Belajar Mengajar :). Penasaran? Yukk cek pemaparan dibawah ini dan jangan lupa cek sumber yang tertera diakhir pembahasan yaa, bakal ada link buat lihat full version jurnal atau sumbernya :)) dan informasi aja bahan tulisan ini nadya dapat dari sebuah jurnal, yang untuk lebih lengkapnya (sumber) bisa kalian cek pada akhir pembahasan dibawah ini (don't forget to put the pointer on the journal and scroll w/ your mouse:)
Diedrich (dalam Hamalik 2008 :
172-173) menyatakan bahwa macam-macam aktifitas siswa antara lain visual activities, oral activities, listening activities,
writing activities, drawing activities, motor activities, mental activities, emotional activities. Slameto
(2001:57) menggolongkan faktor-faktor yang
mempengaruhi hasil belajar menjadi dua golongan, yaitu faktor-faktor intern
(dalam) dan faktor-faktor ekstern (luar). Faktor intern ini dibedakan menjadi
tiga faktor yaitu: faktor jasmaniah, faktor psikologi dan faktor kelelahan.
Sedangkan faktor ekstern yang berpengaruh terhadap hasil belajar dapat
dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, dan
faktor masyarakat.
Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
berbantuan media movie merupakan
model pembelajaran yang menggunakan suatu permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari untuk diidentifikasi dan dipecahkan,
tidak hanya terpusat pada penguasaan materi. Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
berbantuan media movie mendorong
siswa untuk menganalisis masalah, mencari informasi, menyusun hipotesis, serta
memecahkan masalah dengan bantuan tayangan video maupun film dalam
mengidentifikasi suatu permasalahan.
Kelebihan model pembelajaran PBI
berbantuan media movie yang
diadaptasi dari Ibrahim dan Nur (2004) yaitu mampu meningkatkan motivasi siswa
dalam pembelajaran, mendorong kerjasama dalam menyelesaikan masalah, mendorong
siswa melakukan pengamatan dan dialog dengan orang lain, melibatkan siswa dalam penyelidikan pilihan
sendiri. Hal ini memungkinkan siswa untuk menjelaskan serta membangun
pemahamannya sendiri mengenai fenomena tersebut. Selain itu, kelebihan model
pembelajaran PBI berbantuan media movie
adalah membantu siswa untuk pembelajaran mandiri. Bimbingan guru kepada siswa
secara berulang-ulang mendorong dan mengarahkan siswa untuk mengajukan
pertanyaan dan mencari penyelesaian masalah mereka sendiri. Dengan begitu siswa
belajar menyelesaikan tugas-tugas mereka secara mandiri dalam kehidupan kelak.
Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum:)
edit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar